RegionalTeras Berita

Pemkab Karangasem Gelar Media Gathering dengan Awak Media

Badung – Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui bagian humas dan protokol Setda Kabupaten Karangasem mengadakan acara Media Gathering, Sabtu (25/8/2018) bertempat di Beachwalk Shooping Mall, Kuta yang dihadiri media elektronik, cetak, radio dan Online.

“Kegiatan ini dalam rangka peningkatkan hubungan dan peran serta media dalam memajukan Kabupaten Karangasem,” terang Bupati Karangasem dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Karangasem Dr. I Wayan Artha Dipa, SH., MH.

Bupati melanjutkan, saat ini masyarakat umum banyak memberi sorotan terhadap kualitas kinerja birokrat, baik pada kegiatan pelayanan Iangsung kepada masyarakat atau pada penyelenggaraan pemerintahan sehari-hari, apalagi di saat Kabupaten Karangasem dilanda bencana erupsi Gunung Agung dan akhir akhir ini dampak gempa Lombok.

“Secara umum tujuan dilaksanakannya kegiatan pemberitaan adalah untuk meningkatkan pelayanan informasi, dokumentasi dan komunikasi antara pemerintah kepada masyarakat mengenai pembangunan dan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah agar tumbuh saling pengertian, partisipasi, dan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan, kebijakan, serta program pemerintah,” jelasnya.

Menurutnya, pemberitaan mengenai kegiatan pembangunan dan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah menjadi sangat penting untuk diketahui masyarakat untuk menumbuhkan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, menumbuhkan kesadaran bahwa masyarakat adalah partner pemerintah dalam mensukseskan kegiatan pembangunan, dan meningkatkan citra pemerintah yang banyak diguncang oleh berbagai permasalahan.

“Tanpa rekan-rekan jurnalis, tanpa surat kabar, tanpa televisi, radio dan media online, semua proses kegiatan pemerintahan, pembangunan dan segala peristiwa di kabupaten Karangasem tidak akan diketahui masyarakat,” ucapnya sembari menambahkan, media gathering ini membentuk komunikasi yang baik dan profesional antara media dengan pemerintah.

Media Gathering pada kesempatan ini sengaja mengambii tema Karangasem 1640, adalah dalam rangka memberikan penegasan pada identitas Karangasem sebagai daerah yang masih menyimpan begitu banyak keotentikan adat, budaya dan juga alam, sebagaimana Bali pada masa itu, yang mana pada tahun tersebut pula kota Amlapura lahir yang kemudian menjadi lbu Kota Kabupaten Karangasem.

“Dasar pemikiran ini jugalah yang kemudian mengilhami pemerintah beserta seluruh masyarakat Karangasem melahirkan Branding Karangasem the “Spirit of Bali”, sebagai bentuk komitmen didalam mengangkat kembali semangat nilai-nilai Bali yang merupakan anugerah maha mulia dari Ida Sanghyang Widhi Wasa dan warisan yang sangat berharga dari para leluhur kita,” tegasnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karangasem, Waskita Suta Dewa menerangkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama pemerintah kabupaten Karangasem dengan insan media dalam meningkatkan citra pemerintah melalui pemberitaan di media masa baik cetak maupun elektronik.

Suta Dewa juga mengatakan, adapun tujuan dan sasaran dari kegiatan ini adalah meningkatkan hubungan kerjasama kelembagaan antara pemerintah kabupaten Karangasem dengan media, meningkatkan peran serta media dalam pembangunan di kabupaten Karangasem dan menjalin tali silaturahmi kepada para pimpinan media.

“Peserta media gathering adalah para pimpinan media dan Kepala OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Karangasem. Sedangkan biaya penyelenggaraan media gathering di bebankan pada APBD kabupaten Karangasem tahun 2018,” pungkasnya.

Media Gathering juga dihadiri ketua gabungan industri pariwisata, ketua umum KADIN, para pimpinan komunikasi, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa didampingi istri Syarini Artha Dipa dan Kepala OPD terkait di Lingkungan pemerintah Kab. Karangasem. Di akhir acara juga diserahkan piagam penghargaan kepada sejumlah pimpinan media oleh Wakil Bupati Karangasem.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan