RegionalTeras Berita

Underpass Ngurah Rai – Dianggap Mampu Urai Kemacetan 50 persen

Foto - Uji coba kelayakan Simpang Tugu Ngurah Rai, Senin (10/9/2018).

BADUNG – Setelah dinyatakan selesai akhir Agustus 2018, proyek Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, Tuban sepanjang 912 meter diujicoba Senin (10/9/2018).

Ujicoba pembukaan jalur baru bawah tanah itu dilakukan sekitar pukul 12.10 Wita dan ditutup kembali pukul 12.35 Wita. Sepanjang uji coba, masing-masing jalur dengan lebar badan jalan sekitar 7 meter itu terlihat cukup lancar dilalui kendaraan. Namun ketika keluar jalur masih terlihat terjadinya kepadatan.

Petugas mengatakan pembukaan secara permanen jalur untuk umum masih menunggu persetujuan pemerintah pusat.

“Masih ada survei kelayakan sebelum diresmikan,” jelas Sekretaris Tim Pembangunan Underpass Rr. Rum Auliyati di sela-sela ujicoba tersebut.

Foto – Rr. Rum Auliyati di sela-sela ujicoba Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai.

Ia menambahkan usai ujicoba ini, pada Rabu (12/9/2018) akan dilaksanakan upacara Melaspas sebagai ucapan syukur untuk keselamatan bagi semua. Sementara untuk peresmian masih temtatif.

“Harapan kami setelah survey dan dilakukan upacara melaspas, jalan ini bisa segera diresmikan,” tambah Auliya yang juga Sekretaris Tim Uji Laik Fungsi Jalan pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 8 Kementerian PUPR seraya menambahkan, kehadiran underpass ini diharapkan nantinya diperkirakan bisa mengurangi kemacetan hingga 50 persen.

Sementara Nyoman Yasmara selaku PPK Pembangunan Undespass Tugu Ngurah Rai mengatakan secara keseluruhan proyek tersebut memiliki panjang 912 meter dengan panjang terowongan 128 meter dan lebar dari dinding ke dinding 16 meter.

Foto – Nyoman Yasmara.

Ujicoba proyek underpass dipantau langsung Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawati Ismail dan sejumlah petugas. Dikatakan Kompol Rahma, Polresta Denpasar akan menyiapkan personel di kawasan Underpass Tugu Ngurah Rai yang berjaga selama 24 jam termasuk Pos Lantas di sisi utara patung Ngurah Rai.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan