RonaTeras Berita

UNR – 76 Tahun di Kampus Perjuangan.

DENPASAR – Pendiri dan sesepuh Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar Drs. Ketut Wirata Sindhu merayakan usianya yang ke -76 tahun di kampus perjuangan ini, Jumat (31/8/2018). Usai memotong kue ulang tahun dan tumpeng, ada hal menarik yang disampaikan mantan Bupati Buleleng dua periode ini.

“Saya serahkan tumpeng kepada Calon Gubernur Gus Adhi,” kata Wirata Sindhu seraya berkelakar saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Anggota Fraksi Golkar DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi.

Sontak pernyataan ini disambut tepuk tangan riuh para tokoh dan akademisi serta pimpinan dan jajaran dosen UNR yang hadir. Gus Adhi juga tampak tersenyum sambil memeluk Wirata Sindhu seraya mengucapkan selamat ulang tahun.

Dalam kesempatan ini hadir pula Ketua Yayasan Jagadhita Dr. Drs. Anak Agung Gede Raka, M.Si., Rektor UNR Dr. Drs. Nyoma Sura Adi Tanaya, M.Si., serta para dekan fakultas di UNR.

Wirata Sindhu yang juga Pembina Yayasan Jagadhita yang menaungi Universitas Ngurah Rai (UNR) ini juga menceritakan bagaimana dirinya berjuang melawan kanker usus yang hampir merenggut nyawanya. Setahun lalu saat kanker ususnya sudah mencapai stadium 4, ia sempat divonis akan mati. Namun takdir Tuhan berkata lain.

“Satu tahun lalu saya terserang kanker ganas. Bahkan divonis akan mati. Tapi syukur sekarang tetap bisa merayakan ulang tahun ke-76,” ujar pria murah senyum dan bersahaja ini.

Di usianya yang semakin tua, ia juga berharap keberadaan UNR semakin matang dan eksis dalam memberikan pelayanan pendidikan dan peningkatan kualitas SDM generasi muda Bali. Apalagi kampus perjuangan ini dikenal mencetak banyak tokoh-tokoh Bali yang duduk sebagai wakil rakyat, kepala daerah hingga menteri.

Contohnya Menteri Koperasi dan UKM Drs. AA Gede Ngurah Puspayoga yang juga Wakil Gubernur Bali periode 2008-2013 adalah alumni UNR dan sempat menjadi dosen disana. Lalu ada Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos., M.AP., serta mantan Bupati Gianyar Anak Agung Gede Bharata. Bahkan hingga Bupati Gianyar terpilih periode 2018-2023 Made Mahayastra, S.ST.,M.AP., juga alumni Magister Administrasi Publik UNR.

Anggota Fraksi Golkar DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi mengatakan keberadaan dan kesuksesan UNR hingga saat ini tidak terlepas dari tangan dingin dan dukungan penuh Wirata Sindhu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi penuh dan perjuangan beliau di Universitas Ngurah Rai yang merupakan kampus perjuangan ini,” tegasnya.

Sementara itu Rektor UNR Dr. Drs. Nyoma Sura Adi Tanaya, M.Si.,juga mengapresiasi inisiatif Wirata Sindhu mendirikan UNR dan membina hingga seperti saat ini.

“Kami tentu terus berinovasi dan melanjutkan pondasi perjuangan yang telah diletakkan para pendiri kampus ini,” ujar Tanaya.

Universitas Ngurah Rai Denpasar (UNR) didirikan oleh Yayasan Jagadhita Denpasar sebagai Badan Hukum Penyelenggara, pada tanggal 22 Mei 1979. UNR merupakan universitas swasta tertua kedua di Bali bahkan di Kopertis Wilayah VIII (meliputi Bali, NTB dan  NTT). UNR pada tahun 2017 telah terakreditasi dengan peringkat nilai B dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan